Minggu, 04 Oktober 2009

koperasi sekolah

Pengalaman ini saya dapatkan waktu menjadi anggota koperasi disekolah. Sebelumnya saya jelaskan apa yang dimaksud koperasi sekolah. Koperasi sekolah merupakan salah satu sarana yang telah disediakan oleh sekolah untuk membina kemandirian siswa maupun siswi yang bertujuan supaya mereka dapat berorganisasi di dalam maupun di luar lingkungan sekolah. Dalam koperasi sekolah keanggotaan koperasi diisi oleh siswa/I serta guru yang bertindak sebagai pengawas atau bendahara yang langsung bertanggung jawab kepada kepala sekolah. Kemudian untuk menjadi anggota koperasi kita harus membayar simpanan wajib, yaitu simpanan yang dibayarkan setiap bulan sekali karena simpanan ini berguna untuk memenuhi kebutuhan atau perlengkapan koperasi ,lalu membayar simpanan pokok, yaitu simpanan yang dibayarkan sekali pada masuk menjadi anggota, dan yang terakhir simpanan sukarela, yaitu simpanan yang dibayarkan secara sukarela. Kemudian setiap anggota memiliki tugas masing-masing kebetulan saya mendapat tugas untuk mencatat pengeluaran dan pemasukan serta pembukuan jadi saya harus teliti dalam melakukannya. Lalu adapun kegiatan-kegiatan di dalam koperasi seperti menjual buku pelajaran, alat tulis, alat praktik, kebutuhan pramuka, dan perlengkapan sekolah lainnya. Kemudian dari hasil penjualan diperoleh SHU yang nantinya diberikan oleh anggota sebagai upah karena sudah menjalankan koperasi dengan baik. Dan pada setiap bulannya akan diadakan rapat anggota sebagai evaluasi kerja yang dimana rapat anggota merupakan kedudukannya paling tinggi. Jadi dari pengalaman ini sangat menyenankan bagi saya karena selain dapat pengalaman beroeganisasi saya juga dapat menanamkan rasa tanggung jawab, disiplin,setia kawan, dan jiwa demokratis pada diri sendiri yang kelak dapat berguna pada suatu hari nanti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar